Pengertian menghargai hasil karya orang lain

 

A.  Pengertian menghargai hasil karya orang lain

                Menghargai adalah menghormati keberadaan, harkat, dan martabat orang lain.Menghargai hasil karya orang lain artinya menghormati hasil usaha, ciptaan, dan pemikiran orang lain. Kita wajib menghargai dan menghormati hasil karya orang lain, karena dengan sikap seperti itu kehidupan akan berjalan dengan tenteram dan damai karena setiap orang akan menyadari pentingnya sikap saling menghormati dan menghargai tersebut.

 Adapun hak-hak individu  :

 1. Hal kebebasan Hidup.

 Yakni hak kebebasan hidup sesuai dengan ajaran islam, karena sesungguhnya tiap individu diberikan hak untuk hidp dimanapun berada.

 Contoh :

 Defi lebih memilih tinggal di Sumatera dengan orang tuanya walaupun iya mendapat beasiswa untuk kuliah di Jakarta.

 2. Hak kebebasan untuk berkeyakinan.

                Yakni hak yang berhubungan dengan memeluk agama dan keyakinan. Dalam Islam, tidak ada paksaan dalam beragama. Islam memberikan hak untuk itu. Dengan sdemikian berarti Islam menunjukan toleransi.

Contoh :

 Antonio memeluk agama walaupun orangtuanya beragama kristen.

 3. Hak untuk berpendapat.

                Yakni kebebasan yang berkaitan dengan menyatakan pendapat untuk disampaikan kepada orang lain. Dalam hal ini, kita harus menghormati  dan menghargai pendapat orang lain.

 Contoh :

 Laila selalu memberikan tanggapan pada presentasi yang ditampilkan oleh anak-anak kelas XI IPA 4

 4. Hak kebebasan untuk berbuat.

                Yakni kebebasan untuk berbuat atau bekerja menuntut ilmu, dan berbuat yang bermanfaat untuk kemaslahatan banyak orangtanpa melanggar norma-norma yang ada dimasyarakat.

Contoh :

 Amritha meneruskan sekolahnya di Amerika dengan mengambil jurusan sastra Inggris sedangkan Ajeng memilih untuk ke Itali demi mneruskan penelitian fisika nya.

B.    Cara Menghargai Hasil Karya Orang lain

                Menghargai hasil karya orang lain dapat dilakukan dengan bermacam-macam. Adapun bentuk-bentuk menghargai hasil karya orang lain adalah sebagai berikut        :

 1.       Melalui Ucapan

 Dalam hal ini berarti berkata dengan baik, tidak meremehkan hasil orang lain dengan kata-kata yang kasar maupun sindiran. Sebagai umat Islam, Rasulul;ah selalu mengajarkan umatnya agar berkata yang baik atau diam.

 2.       Melalui Perbuatan

 Yakni dengan menggunakan hasil karya orang lain tersebut untuk diambil manfaatnya. Kita dilarang berbuat kerusakan dimuka bumi, maka kita juga dilarang berbuat kerusakan terhadap hasil karya orang lain. Allah Berfirman,

 QS. AL-Qasas ayat 77

ابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu [kebahagiaan] negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari [keni’matan] duniawi dan berbuat baiklah [kepada orang lain] sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di [muka] bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

C.    Bentuk-bentuk perilaku menghargai hasil karya orang lain

 1.       Memberikan ujian terhadap hasil karya orang lain.

 2.       Memberikan penghargaan atas hasil karya orang lain.

 3.       Memberikan dorongan agar orang yangg tersebut lebih semangat dalam berkarya.

D.   Manfaat menghargai karya orang lain.

 1.       Akan terjalin hubungan yang harmonis dan tenteram dalam masyarakat, bangsa, dan negara.

 2.       Dengan menghargai orang lain, maka orang lain akan menghargai kita.

 3.       Memberikan penghargaan pada orang lain berarti kita telah berperilaku terpuji.

 4.       Dengan memberikan penghargaan pada orang lain berati kita telah memberikan manfaat kepada orang lain misal jika kita menghargai hasil karya orang lain dalm bentuk uang.

 5.       Meningkatkan taraf hidup orang yang diberi penghargaan pabila penghargaan dalam bentuk uang.

 6.       Menjauhkan diri dari sikap menghina, mencela, dan mengejek hasil karya orang lain.

 7.       Membuat orang lain senang dan gembira karena hasil karyanya dihargai.

 8.       Menghargai hasil karya orang lain merupakan salah satu upaya membina keserasian dan kerukunan hidup antar manusia agar terwujud kehidupan masyarakat yang saling menghormati dan menghargai sesuai dengan harkat dan derajat seseorang sebagai manusia. Menumbuhkan sikap menghargai hasil karya orang lain merupakan sikap yang terpuji karena hasil karya tersebut merupakan pencerminan pribadi penciptanya sebagai manusia yang ingin dihargai.

 Hadits Nabi Muhammad yang artinya: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bekerja dan menekuni kerjanya.” (HR Baihaqi).

 9.       Kita tidak dapat mengingkari bahwa keberhasilan seseorang tidak dicapai dengan mudah dan santai tapi dengan perjuangan yang gigih, ulet, rajin dan tekun serta dengan resiko yang menyertainya. Oleh karena itu, kita patut memberikan penghargaan atas jerih payah tersebut. Isyarat mengenai keharusan seseorang bersungguh-sungguh dalam berkarya dijelaskan dalam Al Qur’an sebagai berikut.  Yang  artinya : “…Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari satu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh kerjaan yang lain.” (QS Al Insyirah : 5-7).

                Keberhasilan seseorang tidak dapat dicapai dengan mudah dan santai tapi dengan perjuangan yang gigih, ulet, rajin dan tekun serta dengan resiko yang menyertainya. Oleh karena itu, kita patut memberikan penghargaan atas jerih payah tersebut. Isyarat mengenai keharusan seseorang bersungguh-sungguh dalam berkarya dijelaskan dalam Al Qur’an sebagai berikut.

Artinya : “…Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari satu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh kerjaan yang lain.” (QS Al Insyirah : 5-7)

Cara yang bisa diwujudkan untuk menghargai hasil karya orang lain adalah dengan tidak mencela hasil karya orang tersebut meskipun hasil karya itu menurut kita jelek. Memberikan penghargaan terhadap hasil karya orang lain sama dengan menghargai penciptanya sebagai manusia yang ingin dan harus dihargai. Bisa menghargai hasil karya orang lain merupakan sikap yang luhur dan mulia yang menggambarkan keadilan seseorang karena mampu menghargai hasil karya yang merupakan saksi hidup dan bagian dari diri orang lain tanpa melihat kedudukan, derajat, martabat, status, warna kulit dan pekerjaan orang tersebut.

Beberapa sikap yang menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain adalah:

1. Menggunakan hasil karya tersebut dengan cara yang baik dan semestinya.

2. Memberi penghargaan, semangat, dan dorongan agar orang lain terus berkarya.

3. Tidak merusak, meniru, dan memalsukan karya orang lain tanpa izin dari pemiliknya.

4. Menghindarkan perasaan dengki atas prestasi atau hasil karya orang lain.

5. Meneladani prestasi yang telah dicapai.

Bahaya tidak menghargai karya orang lain adalah:

1. Membahayakan keimanan

Tidak menghargai karya orang lain dapat membawa pada sikap iri hati, dengki, hingga suuzan pada orang lain.

2. Membahayakan akhlak

Seseorang yang terbelit oleh perasaan tamak dan tidak peduli lagi dengan hasil karya orang lain akan melakukan tindak pelanggaran dan kejahatan, seperti pembajakan hak cipta, pembunuhan karakter, dan beragam kejahatan lainnya.

3. Membahayakan masyarakat

Beberapa orang yang tidak bermoral tertarik untuk menjiplak hasil karya tertentu, mencetaknya, dan menjualnya dengan harga yang jauh lebih murah.

Islam sangat menganjurkan umatnya agar berlomba-lomba menghasilkan karya yang bermanfaat.

Rasulullah saw. bersabda,

“Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Hadis ini mestinya memotivasi kita, umat Islam, untuk bekerja keras dan beretos kerja tinggi untuk berkarya sesuai dengan bidang dan kemampuan kita masing-masing untuk kejayaan dan kemaslahatan umat (Islam). Dalam hal ini, perlu dikembangkan sikap dan perilaku menghargai karya orang lain. Hal ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi lahirnya karya-karya yang bermanfaat bagi umat (Islam).

Seseorang yang merasa karyanya dihargai, maka akan semakin termotivasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Tetapi sebaliknya, seseorang yang merasa karyanya tidak dihargai, kemungkinan ia bisa putus asa untuk berkarya lagi. Ia akan merasa tidak percaya diri untuk berkarya, apalagi jika karya yang tidak dihargai itu adalah karya perdananya. Respon posotif atau negatif dari orang lain terhadap hasil karyanya akan memberikan dampak yang besar bagi diri dan kreatifitasnya.

Karena itu, perlu kiranya kita merenungi firman Allah swt. berikut ini:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki memperolok-olok kumpulan yang lain, boleh jadi yang diperolok-olok itu lebih baik dari mereka (yang memperolok-olok). Dan jangan pula sekumpulan perempuan memperolok-olok kumpulan lainnya, boleh jadi yang diperolok-olok itu lebih baik dari mereka (yang memperolok-olok)….”. (QS Al Hujurat: 11)

Yang dimaksud dengan larangan mengejek atau memperolok-olok orang lain pada ayat di atas, termasuk juga larangan mengejek hasil karya dari orang lain. Hal ini berarti secara tidak langsung, kita diperintahkan untuk menghargai karya orang lain selama karya tersebut positif.

Beberapa sikap dan perilaku yang mencerminkan menghargai karya orang lain adalah sebagai berikut:

1.Mengakui dan menghormati kemampuan dan kreatifitas orang lain dalam berkarya.

2.Mengucapkan kata-kata yang menyenangkan berupa pujian atau memotivasi terhadap karya yang dihasilkan oleh teman atau orang lain.

3.Tidak mencaci atau mengejek bila ada karya teman atau orang lain yang menurut kita kurang bagus dan biasa saja.

4.Tidak merusak karya orang lain meskipun kita tidak menyukainya dan merasa kurang bermanfaat bagi kita.

5.Menjauhkan sikap iri hati terhadap karya yang dihasilkan orang lain.

 

2 comments on “Pengertian menghargai hasil karya orang lain

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s